Jumat, 06 Januari 2017

Cara menghitung Biaya pengeluaran dan pemasukan rumah tangga melalui System Keluarga Pintar


Kini hadir system untuk menghitung anggran pemasukan dan pengeluaran khusus rumah tangga (keluarga), systemnya sangat mudah digunakan oleh siapa saja, dan bisa memonitor dan menganalisa pengeluaran, sehingga kebutuhan pokok dengan kebutuhan gaya hidup bisa di manage dan di kontrol dengan baik serta bijaksana.

Di jaman sekarang ini semua serba komputer dan semua serba cepat, jadi sudah bukan jamannya lagi ditulis manual di buku. kemungkinan dibaca sulit, buku bisa hilang dan lupa simpannya serta untuk cari perubahan harga pada barang tertentu pasti sulit banget dan harus buka-buka berapa banyak buku.
Sistem ini dibuat untuk menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga, karena hampir rata-rata problema rumah tangga pada umumnya yaitu masalah ekonomi dan selalui di hantui besar pasak dari pada tiang(menurut pribahasanya). jadi buat apa hal seperti itu dipermasalahkan dan pusingkan oleh keluarga, klo didalam keluarga tersebut bisa memanage dan mengkontrol ekonomi keluarganya dengan baik.

infopintar.com membuat system sederhana ini mencoba membatu para keluarga-keluarga semua dengan menghadirkan system aplikasi alat bantu keuangan rumah tangga. adapun manfaat positifnya antara lain :
  1. Data di input didalam komputer
  2. Suami dan istri bisa kompak saling mengisi aplikasi tersebut
  3. Suami dan istri jadi saling terbuka dan transparansi
  4. Bisa saling mengawasi, mengingatkan, mengkontrol serta membatasi
  5. Sebagai dasar mengambil keputusan baik jangka pendek ataupun jangka panjang
  6. Setiap minggu, bulan dapat duduk bersama dan meeting untuk menganalisa laporan tersebut
  7. Sudah bisa pasti bisa di print (cetak) dan apabila mau di filing pastinya juga bisa
  8. akan selalu tau harga-harga apa saja yang turun dan yang naik, karena bisa di lakukan proses filter/shortir item atau barang apa yang ingin di cek.
  9. Bisa mengetahui kemampuan ekonomi suatu keluarga
  10. Bisa juga sebagai dasar mengajukan permohonan kredit, karena data lebih detail dan pihak leasing/kreditor bisa memiliki pertimbangan lebih.
  11. Bisa tahu saldo uang yg tersisa
  12. dan mungkin masih banyak lagi
Setelah kita mengetahui manfaat tersebut, infopintar.com akan berikan aplikasinya secara gratis dan bisa didownload dan disimpan ke komputer / laptop rumah.
namun sebelumnya infopintar.com mau berikan informasi tahapan-tahapan dalam proses penginputan dan tarik laporannya. dan berikut penjelasannya.

Klik pada kas masuk atau lebih enak disebut pendapatan, lalu klik pada kolom tanggalnya, dan tolong sesuaikan dengan tanggal kas masuknya jadi antara dara bank dan system ini bisa sama. selanjutnya tentukan jenis kas masuknya, tolong pilih yang sesuai jenisnya, selanjutnya isi nilai kasnya, contoh cukup tulis 1000000 (tidak perlu pakai tanda koma atau titik) dan selanjutnya isi keterangannya biar lebih spesifik, klo tidak ya tidak apa-apa. klo sudah silahkan klik add jika mau simpan namun mau input lagi, dan klik save jika hanya mau simpan dan tidak input lagi, jika semua itu selesai maka silahkan klik closed dan akan kembali lagi ke menu utamanya. dan selanjutnya silahkan isi kas keluarnya. berikut penjelasannya.

Klik pada kas keluar atau lebih enak disebut pengeluaran, lalu klik pada kolom tanggalnya, dan tolong sesuaikan dengan tanggal kas keluarnya  selanjutnya tentukan jenis kas keluarnya, tolong pilih yang sesuai jenisnya, selanjutnya isi nilai kasnya, contoh cukup tulis 50000 (tidak perlu pakai tanda koma atau titik) dan selanjutnya isi keterangannya biar lebih spesifik misal jenis kebutuhan pokok jadi pada keterangan isi barang apa saja yang menjadi pengeluaran kebutuhan pokok tersebut, klo bisa mereknya, fungsinya lalu harganya juga. jadi kenapa harus seperti itu gara nanti kita bisa save barang-barang yang sudah dibeli tadi, jadi nanti ketika kita akan beli lagi kita bisa tahu apakah barng ini naik atau turun.(seperi itulah tujuannya). klo sudah silahkan klik add jika mau simpan namun mau input lagi, dan klik save jika hanya mau simpan dan tidak input lagi, jika semua itu selesai maka silahkan klik closed dan akan kembali lagi ke menu utamanya. dan selanjutnya silahkan klik daftar laporannya. dan berikut penjelasannya.

Didalam daftar laporan terbagi tiga, yang pertama laporan kas masuk (hasil inputan-inputan di kas masuk yang tadi diinput. yang kedua laporan kas keluar (hasil inputan-inputan di kas keluar yang tadi diinput juga. dan yang ketiga laporan sisa kas, ini adalah laporan selisih dari pendapatan yang dikurangan secara otomatis dengan pengeluaran jadi bisa diketahui berapa sisa kas/uang saat ini.



Berikut infopintar.com berikan bentuk laporannya sebagai berikut :
1. Bentuk laporan kas masuk :



 2. Bentuk laporan kas keluar :



 2. Bentuk laporan sisa kas (Sisa saldo uang terkininya) :

Setelah dibaca dan dipahami petunjuk diatas, maka silahkan melakukan proses penginputannya, tapi harap bicarakan dulu dengan suami/istri jadi bisa komitmen untuk menjalankan pengisiannya secara bersama-sama dan pastikan kejujuran diatas segalanya.
ini adalah linknya, silahkan di download aja ya. di klik aja logo ini ya :
SYSTEM KEUANGAN KELUARGA BAHAGIA


EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan