Rabu, 18 Januari 2017

Cara Menghitung Nilai Pertumbuhan Sales Penjualan

Mencari nilai pertumbuhan sales suatu perusahaan sangat mudah, dan ini adalah ilmu yang wajib dimiliki oleh seorang Sales Marketing, dimana performance kinerjanya dapat terlihat jelas berdasarkan angka sistematik.
tentunya dengan adanya master atau format system khusus menghitung angka pertumbuhan dan persentase pencapaian target sales akan jauh lebih memudahkan perusahaan ataupun pihak Sales Marketingnya. Tentunya diharapkan dengan adanya system ini dapat secara bersama-sama melakukan tindakan cepat untuk evaluasi dan implementasi sehingga pencapaian atas target sales penjualan bisa dimaksimalkan.

Sebelum infopintar.com memaparkan secara rinci proses perhitungan dari persentase sales dan pertumbuhan sales, izinkanlah infopintar.com memberikan informasi seputar pengetahuan Sales Marketing.
berikut penjelasannya.

SALES adalah ?
Huruf S berarti = Search ( Mencari Prospek atau Peluang Customers)
Huruf A berarti = Attracting ( Menarik Minat Prospek atau Peluang Customers Terhadap barang/Jasa yang ditawarkan.
Huruf L berarti = Listening ( Mendengarkan komentar terhadap barang/jasa yang ditawarkan, dan selain itu bersifat Learning terhadap minat dari kebutuhan customers)
Huruf E berarti =Emerging ( Menciptakan, Menumbuhan dan membesarkan motivasi customers untuk tertarik, mencoba dan jadi membeli.
Huruf S berarti =Selling and service ( Menjual produk barang/jasa serta memberikan pelayanan terbaik terhadap customers baik sebelum dan sesudah terjadi transaksi sales, sehingga rasa kepercayaan dan kepuasan customers akan tumbuh dan mengakibatkan dampak positif dikemudian hari).

Jadi Sales adalah : Seseorang yang menawarkan produk barang/jasa yang langsung menjadi ujung tombak atau pencitraaan terhadap perusahaan, dimana selain berorientasi terhadap pencapaian target juga membawa nama baik perusahaan di hadapan customers atau calon customers. Seorang sales yang baik harus sudah dibekali ilmu pengetahuan dan Skill tertentu oleh perusahaan, sehingga maksud dan tujuan perusahaan dapat tercapai.


MARKETING adalah ?
Seseorang atau pihak yang membuka peluang pasar dan memiliki perencanaan, pelaksanan yang matang terhadap kebijakan-kebijakan yang bersifat menaikan espektasi pasar.
Pada umumnya strategi marketing bersifat Promosi, Testimonial, Advertising, Pencitraan, serta membuaka relasi yang luas.

Dari pengertian atas Sales dan Marketing tersebut, kita dapat menganalisa dan mengerti bahwa Sales dan Marketing memiliki peranan atau fungsi yang berbeda namun sama tujuannya. Sehinga Sales Marketing merupakan kewenangan terhapan pencapaian target penjualan baik janga pendek ataupun jaangka panjang.

TARGET SALES adalah ?
Nilai yang bisa bersifat Nominal rupiah (Mata uang) atau juga bersifat persentase yang ditetapkan oleh perusahaan, yang telah di kaji dan dilakukan perhitungan secara sistematik, berdasarkan Profit and lost data. sehingga sudah memenuhi beban atau cost biaya, serta profit yang diinginkan perusahaan.

PERTUMBUAHAN PENJUALAN Adalah ?

Pertumbuhan penjualan mencerminkan keberhasilan investasi periode masa lalu dan dapat dijadikan sebagai prediksi pertumbuhan masa yang akan datang. (Barton et al.1989). Pertumbuhan penjualan merupakan indikator permintaan dan daya saing perusahaan dalam suatu industri. Laju pertumbuhan suatu perusahaan akan mempengaruhi kemampuan mempertahankan keuntungan dalam menandai kesempatan-kesempatan pada masa yang akan datang. Pertumbuhan penjualan tinggi,maka akan mencerminkan pendapatan  meningkat sehingga pembayaran deviden cenderung meningkat.
        Pertumbuhan perusahaan dalam manajemen keuangan diukur berdasar perubahan penjualan, bahkan secara keuangan dapat dihitung berapa pertumbuhan yang seharusnya (sustainable growth rate) dengan melihat keselarasan keputusan investasi dan pembiayaan (Devic, 2003). Pertumbuhan perusahaan akan menimbulkan konsekuensi pada peningkatan investasi atas aktiva perusahaan dan akhirnya membutuhkan penyediaan dana untuk membeli aktiva.
      Secara keuangan tingkat pertumbuhan dapat ditentukan dengan mendasarkan pada kemampuan keuangan perusahaan. Tingkat pertumbuhan yang ditentukan dengan hanya melihat kemampuan keuangan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu tingkat pertumbuhan atas kekuatan sendiri dan tingkat pertumbuhan berkesinambungan. Tingkat pertumbuhan atas kekuatan sendiri merupakan tingkat pertumbuhan maksimum yang dapat dicapai perusahaan tanpa membutuhkan dana eksternal atau tingkatpertumbuhan yang hanya dipicu oleh tambahan atas laba ditahan.tingkat pertumbuhan berkesinambungan adahlah tingkat pertumbuhan maksimum yang dapat dicapai perusahaan tanpa melakukan pembiayaan modal tetapi dengan memelihara perbandingan antara hutang dengan modal.
      Swastha dan Handoko (2001), “Pertumbuhan atas penjualan merupakan indikator penting dari penerimaan pasar dari produk dan atau jasa perusahaan tersebut,dimana pendapatan yang dihasilkan dari penjualan akan dapat digunakan untuk mengukur  tingkat pertumbuhan penjualan”. Berkaitan dengan pertumbuhan penjualan, perusahaan harus mempunyai strategi yang tepat agar dapat memenangkan pasar dengan menarik konsumen agar selalu memilih produknya.untuk itu faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan harus benar-benar diperhatikan.dengan mengetahui faktor-faktor tersebut perusahaan akan dapat menetapkan kebijaksanaan untuk mengantisipasi kondisi tersebut sehingga perusahaan dapat menjual produk dalam jumlah besar dan volume penjualan akan meningkat pula. Dengan meningkatnya laba perusahaan,maka keuntungan yang diperoleh para investor akan meningkat.
                Menurut Huston dan Brigham (2006:39) berpendapat bahwa perusahaan dengan penjualan yang relatif stabil dapat lebih aman memperoleh lebih banyak pinjaman dan menangung beban tetap yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan dengan penjualannya yang tidak stabil. Home dan Machowicz (2005) mengemukakan teori bahwa tingkat pertumbuhan penjualan adalah hasil perbandingan antara selisih penjualan tahun berjalan dan penjualan di tahun sebelumnya dengan penjualan di tahun sebelumnya. (Sumber :http://asisiverry.blogspot.co.id/2013/09/landasan-teori-tingkat-pertumbuhan.html)

Setelah kita mengerti dari fungsi dan tujuan atau peranan terkait Sales Merketing, Target Pejualan, Perumbuhan Penjualan, kini infopintar.com akan berikan solusi kemudahan kepada semuanya terutama InpiHolic yang terus setia mengikuti update terkini dari infopintar.com
Sebelum kita mulai, hal yang kita persiapkan adalah Sumber data yang benar (bisa dipertanggung jawabkan) seperti : Data sales penjualan bedasarkan bulan, selama periode 1 tahun atau 12 bulan, serta Data sales penjualan bedasarkan tahun kalau bisa selama periode 10 tahun.

setelah didapat sumber data diatas, silahkan buka di Microsoft Excel 2007 dan ikuti petunjuk di bawah ini :
  1. Ketik pada kolom A, baris 1: MENGHITUNG ANGKA PENCAPAIAN SALES PENJUALAN DAN PERSENTASE PERTUMBUHAN SALES
  2. Ketik pada kolom A, baris 2 : Target Sales (lalu di blok pada kolom A dan B, karena akan kita klik merge and center) setelah itu, ketik pada kolom C,  baris ke 2 : Nilai targetnya (setting number)
  3. Ketik pada kolom A, Baris ke 3 : Nama bulan, kemudian pada Kolom B, baris ke 3 : Angka (bulan), lalu pada Kolom C baris 3 :Nilai Sales penjualannya
  4. Ketik pada Kolom A, Baris ke 4 sampai 15 : Isi nama bulannya, kemudian Kolom B baris ke 4 sampai 15 isi angka bulannya, lalu Kolom C baris ke 4 sampai 15, nilai penjualannya.
  5. Ketik pada kolom D, Baris ke 2,  sales monthly/ target sales, kemudian di Kolom E baris ke 2 ketik angka pertumbuhan = (present-past)/past x 100%
  6. Ketik pada Kolom D, baris ke 3 : % Pencapaian target, kemudian pada Kolom E baris ke 3 ketik % tingkat perumbuhan.
  7. Nah sekarang, baru tahap proses perhitungannya dengan menggunakan formulasi rumus excelnya, caranya yang pertama. Ketik Kolom D, baris ke 4 : "=sum(C4/C2)" lalu enter, lalu lanjutkan pada baris ke 5 : =sum(C5/C2) enter, baris ke 6 : =sum(C6/C2)enter, baris ke 7 : =sum(C7/C2)enter, baris ke 8 : =sum(C8/C2)enter, baris ke 9 : =sum(C9/C2)enter, baris ke 10 : =sum(C10/C2)enter, baris ke 11 : =sum(C11/C2)enter, baris ke 12 : =sum(C12/C2)enter, baris ke 13 : =sum(C13/C2)enter, baris ke 14 : =sum(C14/C2)enter, baris ke 15 : =sum(C15/C2)enter. (blok pada Kolom D baris ke 4 sampai 15 dan ganti menjadi bentuk persen (%).
  8. Selanjutnya, pada Kolom E, baris ke 4 : ketik "=sum( C4-angka sales bulan desember tahun sebelumnya)/angka sales bulan desember tahun sebelumnya)"enter, lalu isi pada baris selanjutnya, Kolom E, baris ke 5 : ketik =sum(C5-C4)/C4 enter, lalu Kolom E, baris ke 6 : ketik =sum(C6-C5)/C5 enter, Kolom E, baris ke 7 : ketik =sum(C7-C6)/C6 enter, Kolom E, baris ke 8 : ketik =sum(C8-C7)/C7 enter, Kolom E, baris ke 9 : ketik =sum(C9-C8)/C8 enter, dan iktui seperti itu terus.
  9. Selanjutnya, ketik pada Kolom A baris ke 17 : Average Tingkat pertumbuhan dalam interval waktu yang tetap.
  10. Selanjutnya, ketik pada Kolom A baris ke 19 : Nilai akhir dari sales (Present)
  11. Selanjutnya, ketik pada Kolom A baris ke 20 : Nilai awal dari sales (Past)
  12. Selanjutnya, ketik pada Kolom A baris ke 21 : waktu intervalnya (misal 12) 12 ini berarti 12 bulan
  13. Selanjutnya, ketik pada Kolom A baris ke 28 :  Growth Rate (Rata-rata pertumbuhan)
  14. Selanjutnya, ketik pada Kolom A baris ke 29:  Average Sales (nilai rata-rata penjualan)
  15. Selanjutnya, ketik pada Kolom A baris ke 30: % Average Sales ( persentase nilai rata-rata penjualan)
  16. Isi pada kolom C baris ke 28 ketik : "=ABS(C19/C20)^(1/12)-1 lalu enter ubah ke bentuk persen (%)
  17. Isi pada kolom C baris ke 29 ketik : "=Average(C4:C15) lalu enter
  18. Isi pada kolom C baris ke 30 ketik : "=SUM(C29/C2) lalu enter ubah ke bentuk persen (%)
Membuat Grafiknya
 Grafik Persentase Pertumbuhan Sales Penjualan : 
 Contohnya :
  1. Klik Insert, Line, 2d line
  2. Klik kanan pada kotak grafik kosong tersebut, lalu pilih select data
  3. Ubah pada Chart data rangenya seperti : =Sheet1!$A$4:$A$15,Sheet1!$E$4:$E$15
  4. Klik edit pada series 1, ganti series name nya menjadi : % pertumbuhan
 Grafik Persentase Pencapaian Target Sales : 
 Contohnya :
  1. Klik Insert, Column, 2d Column
  2. Klik kanan pada kotak grafik kosong tersebut, lalu pilih select data
  3. Ubah pada Chart data rangenya seperti : =Sheet1!$A$4:$A$15,Sheet1!$D$4:$D$15
  4. Klik edit pada series 1, ganti series name nya menjadi : % Sales
 Buat yang pingin lihat file excelnya, juga boleh silahkan di klik link ini :
 Aplikasi menghitung nilai pertumbuhan sales penjualan oleh infopintar.com


Demikian yang bisa infopintar.com sampaikan untuk kesempatan kali ini, tunggu update terkininya dengan ikuti terus seputar beragam informasi yang kaya akan manfaat di www.infopintar.com

Atas segenap perhatiannya, infopintar.com ucapakan banyak terima kasih.


EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan