Selasa, 03 Januari 2017

Cara merakit memperpanjang kabel USB dengan kabel Belden cat5e atau LAN

Tags


Dengan ini infopintar.com ingin memberikan tips/trik untuk membuat atau merakit serta memperpanjang kabel USB dengan menggunakan kabel UTP atau LAN namun dengan kwalitas kabel cat5e yg cukup baik.

Kepada seluruh InpiHolic
Di manapun berada
Semoga sehat selalu


Salam Hangat

Sebelum infopintar.com membahas lebih jauh, izinkanlah infopintar.com memberikan  atau menyampaikan nilai manfaat positif dari apa yang akan dilakukan tersebut. karena sesungguhnya infopintar.com hanya akan menyampaika informasi yang memiliki nilai manfaat yang baik.


Adapun manfaat menggunakan kabel lan antara lain :
  1. Jika dengan menggunakan kabel lan/cat5e dapat menekan biaya cost perorangan atau perusahaan, karena kabel lan yang beredar dipasaran harga masih terjangkau dan relatif disetiap tempat.
  2. Kabel lan lebih mudah didapatkan hampir disetiap tempat toko komputer atau toko listrik, dan apabila mau cari tempat yg lebih murah bia coba ke pasar kenari jaya, glodok.
  3. Untuk connectornya juga bisa ditemui di glodok, atau kenari jaya bilang saja connector USB Male dan USB Female. atau jika sudah ada kabel usb standard bawaan toko maka itu tinggal dipotong dan nantinya disambung dengan kabel lannya. (namun untuk trik menyambung sebaiknya harus dilihat dulu kwalitas kabel usb dari toko tsb, karena dikhawatirkan menggunakan kabel yang sangat tipis sekali, sehingga nantinya akan menggangu performancenya.
  4. Tidak ada pengaruh terkait speed yang dihasilkan printer tersebut meskipun jarak kabel diperpanjang.
  5. Pastinya waktu yg dibutuhkan sangat cepat
Contoh Gambar : Connector sepasang kekasih antara USB Male dan USB Female


Berikut infopintar.com berikan tips/trik sederhana dalam merakit atau memperpanjang kabel usb dengan menggunakan kabel lan atau cat5e.
Cara pertama : Menyambung kabel USB yang sudah ada

  • Siapkan kabel USBnya (banyak dijual di toko elctronic/komputer) tapi cari yg bagus yah, supaya kwalitas kabel nya lebih baik.
  • Siapkan kabel lan atau cat5e nya
  • Siapkan Solatip khusus electronic, klo tidak punya boleh pakai sementara solatip umum atau lakban.
  • Ikuti percis dengan petunjuk yang ada digambar disamping. 
  • Jika sudah disambung, maka pastikan sudah disolatip yah, guna menghindari konsleting apabila bersentuhan dengan kabel yang lain.

Cara kedua : Menggunakan connector USB baru (male dan femalenya)


  • Siapkan connector USB baru female dan malenya, yang mungkin hanya tersedia di toko komputer tertentu (banyak di harko mangga dua atau glodok).
  • Alat solder dan timah (klo ada), klo tidak ada boleh minta jasa tukang service electronic untuk solder kabel tersebut, tapi print dulu gambar petunjuk solder yg infopintar.com berikan. supaya teknisi tersebut bisa dengan mudah mengikuti settingan kabelnya.
Setelah proses solder dilakukan, maka cek terlebih dahulu susunan kabelnya harus sama percis dengan gambar yang infopintar.com berikan, klo sudah sama dan dipastikan sudah kuat dan tidak ada serat atau kabel yang bersinggungan maka silahkah tutup rapat conector tsb.Jika sudah melakukan semua hal tersebut, maka selanjutnya silahkan hubungkan kabel tersebut ke Flasdisk  dan ke Komputernya (tapi direkomendasikan gunakan port usb langsung pada mainbord atau di bagian belakang casing komputer). lalu tunggu proses notifikasi dari komputer terkait pengenalan perangkat flasdisk yang dipasang. apabila ok maka siap digunakan, dan apabila tidak dikenali mohon periksa kembali sambungan kabelnya tadi.


Demikian informasi yang bisa infopintar.com berikan, semoga bemanfaat bagi semua orang terutama InpiHolic yang aktif mengikuti infomasi terkini dari infopintar.com
Mohon doanya, semoga infopintar.com dapat jauh lebih baik lagi dalam memberikan informasi.

Salam.


EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan