Selasa, 03 Januari 2017

Cara merakit memperpanjang kabel printer cashier epson tmu220 dengan kabel Belden cat5e atau LAN

Tags


Dengan ini infopintar.com ingin memberikan tips/trik untuk membuat atau merakit kabel printer dotmatrik epson tmu220b dengan menggunakan kabel UTP atau LAN namun dengan kwalitas kabel cat5e yg cukup baik.

Kepada seluruh InpiHolic
Di manapun berada
Semoga sehat selalu


Salam hangat,
Sebelum infopintar.com membahas lebih jauh, izinkanlah infopintar.com memberikan  atau menyampaikan nilai manfaat positif dari apa yang akan dilakukan tersebut. karena sesungguhnya infopintar.com hanya akan menyampaika informasi yang memiliki nilai manfaat yang baik.



 Adapun manfaat menggunakan kabel lan antara lain :

  1. Jika dengan menggunakan kabel lan/cat5e dapat menekan biaya cost perorangan atau perusahaan, karena kabel lan yang beredar dipasaran harga masih terjangkau dan relatif disetiap tempat.
  2. Kabel lan lebih mudah didapatkan hampir disetiap tempat toko komputer atau toko listrik, dan apabila mau cari tempat yg lebih murah bia coba ke pasar kenari jaya, glodok.
  3. Untuk connectornya juga bisa ditemui di glodok, atau kenari jaya bilang saja connector DB25 Male dan DB9 Female.
  4. Trobleshooting ketika kabel di makan tikus, atau penyebab lainnya akan mudah diatasi, karena tinggal sambung dan normal kembali.
  5. Tidak ada pengaruh terkait speed yang dihasilkan printer tersebut meskipun jarak kabel diperpanjang.
  6. Pastinya waktu yg dibutuhkan sangat cepat

Pada umumnya yang sering membutuhkan printer dotmatrik epson tmu220 adalah perusahaan bidang hospitality atau lebih mudah dikenal F&B (Restaurant, Cafe, Bistro, Kantin, dll) bisa juga Parking service dan Retail. dan karena fungsinya printer epsesn tmu220 sangat efisien saat ini hampir setiap bidang atau jasa perusahaan menggunakan printer epson dotmatrik tmu220b. memang saat ini harga dipasaran jakarta beragam, karena utnuk type tmu220 ada 2 type yakni include auto cutter atau tanpa auto cutter.
Auto Cutter berfungsi untuk otomatis memotong kertas dari hasil cetaknya, sehingga terjamin tidak akan terjadi kesalahan staff/operator saat merobek kertas tsb. Printer tmu220 juga support 1ply,2ply dan 3ply. dan kekuatannya bisa mememnuhi lebih hasil cetak 100rb transaksi per harinya. demikian sekilas informasi seputar printer epson tmu220, untuk lebih detail terkait printer tersebut serta pesaing lainnya, bisa diikuti terus di infopintar.com jadi bisa menambah referensi atau pengambilan keputusan secara bijak.

Setelah mengetahu fungsi dan manfaatnya dari printer tmu220, saat ini akan saya beberkan berupa tips/trik agar lebih murah, tepat, cepat. yaitu dengan merakit kabel cat5e /lan untuk memperpanjang atau mengganti kabel printer bawaan pabrik.

Berikut Tips/Triknya :

 Langkah pengerjaan :
1. Siapkan 1 unit connector DB25-Male
2. Siapkan 1 unit DB9-Female
3. Tentukan panjang kabel lan yang dibutuhkan
4. Alat solder dan timah (klo ada), klo tidak ada boleh minta jasa tukang service electronic untuk solder kabel tersebut, tapi print dulu gambar petunjuk solder yg infopintar.com berikan. supaya teknisi tersebut bisa dengan mudah mengikuti settingan kabelnya.



 Setelah proses solder dilakukan, maka cek terlebih dahulu susunan kabelnya harus sama percis dengan gambar yang infopintar.com berikan, klo sudah sama dan dipastikan sudah kuat dan tidak ada serat atau kabel yang bersinggungan maka silahkah tutup rapat conector tsb.
Jika sudah melakukan semua hal tersebut, maka selanjutnya silahkan hubungkan kabel tersebut ke printer tmu220 dan ke Komputernya. jangan lupa power adaptor juga harus dipasang, lalu masukkan kertas struknya baru setelah itu tekan tombol on di printer dan pastikan dalam keadaan hanya lampu indicator green (hijau) yang stanby menyala. karena apabila lampu indicator merah menyala berarti ada kesalahan terjadi, misalnya kertas yang lupa di taruh, atau error auto cutternya (bisa di turunkan pin setting di mainboard epsonnya) untuk jelasnya bisa diikuiti terus informasi di www.infopintar.com


Demikian informasi yang bisa infopintar.com berikan, semoga bemanfaat bagi semua orang terutama InpiHolic yang aktif mengikuti infomasi terkini dari infopintar.com
Mohon doanya, semoga infopintar.com dapat jauh lebih baik lagi dalam memberikan informasi.

Salam.











EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan