Rabu, 04 Januari 2017

Mengatasi komputer CPU yang mati total

Tags

Mengatasi Komputer yang mati total, kini bukan suatu masalah besar lagi, karena seiring kemajuan dunia teknologi di Indonesia, masyarakat kini semakin marak tertarik dengan teknologi komputerisasi. dari mulai Balita, Anak-anak, Remaja Dewasa bahkan Kakek Nenek juga semuanya mau tahu dan belajar teknologi komputer. untuk itu disini infopintar.com akan memaparkan cara mengatasi dan menanggulangi komputer CPU yang mati total.

Kepada seluruh InpiHolic
Di manapun berada
Semoga sehat selalu


Salam Hangat

Pada kesempatan kali ini, infopintar.com akan memberikan tips sangat sederhana untuk mengatasi komputer CPU (central processing unit) yang mati total atau tidak bisa hidup saat di tekan tombol on nya. sudah dapat dipastikan anda mengalami stress mendadak (pusingggg) apalagi banyak data-data penting didalamnya. untuk itu hal yang pertama kali harus anda lakukan dan ini paling terpenting yaitu Don't Panic!

Khusus buat InpiHolic setia pembaca infopintar.com akan diberikan tips dan trik untuk mengatasi permasalahan tersebut. berikut tipsnya.
  1. Pastikan Power listrik daalam keadaan hidup (on). mungkin bisa coba cek dengan charger handphone agar bisa diketahui itu hidup colokannya.
  2. Setelah dipastikan colokan berfungsi, maka sekarang cabut atau jangan colok kabel power cpu dan monitor ke colokannya, karena kita akan melakukan proses buka casing. 
  3.  Pastikan jangan ada yang dicabut kabel-kabel yang dibelakang cpu, biarkan terpasang seperti sebelumnya.
  4. Buka casing sebelah kiri cpu, dan lihat baik-baik keadaannya.
  5. Kuas atau klo ada alat vacum cleaner, karena kita akan melakukan proses kebersihan. karena maklum pasti daleman komputer jarang tersentuh petugas kebersihan...hehehehehe
  6. Bersihkan dengan pelan dan hati-hati jangan sampai ada yang yang kendor atau copot salah satunya. makanya klo pakai vacum cleaner tinggal sedottttt.....
  7. bersihkan pada bagian kipas processor, dan pada bagian power supply (supply listrik cpu)
  8. setelah semua dipastikan bersih, maka tutup kembali casing tersebut.
  9. koneksikan colokan listrik cpu dan monitor ke saklar nya.
  10. Tekan power on pada layar monitor, pastikan monitor dalam keadaan hidup (status search signal)
  11. setelah dipastikan monitor hidup, maka silahkan tekan tombol on di casing cpu
  12. apabila terdengar suara kipas/fan berbunyi berarti komputer anda sudah hidup (berfungsi aliran listriknya)
  13. Apabila sudah muncul tampilan windows, berarti masalah anda telah selesai disini.
  14. Apabila begitu pada saat anda tekan tombol on di cpu, tidak terjadi reaksi apapun atau terdengan suara kipas bergerak, berarti anda mengalami permasalahan power supply pada cpu. 

Segera cari ketoko komputer terdekat, dan beli Power supply minimum 400watt, semakin besar semakin baik. ini contohnya : mungkin kisaran 75 rb s/d 300rban
15. Jika sudah dibeli, sekarang siapkan obeng plus, karena akan kita buka power supply yang ada di Cpunya, cabut kabel-kabel yang terhubung ke power supply, baik diluar maupun didalam cpunya. pastikan hardisk, dvdroom, mainbord, fan tambahan kabel listriknya sudah di copot (harap hati-hati).

16. Setelah itu buka baut yang ada dibagian belakang psu casing, umumnya 4 buah baut. jika sudah silahkan tarik keluar psu tersebut.

17. Setelah itu pasang psu yang baru, dan pastikan kabel dari psu yang baru terhubung ke tempat semula seperti hardisk, dvdroom, fan tambahan, dan mainboradnya.

18. Jika sudah semua dilakukan, pastikan tidak ada kabel dari psu menyentuh kipas processor, karena pasti akan bunyi dan mungkin berakibat fatal.

19. Tutup kembali casingnya dan colok kabel powernya ke saklar dan bersiap tekan tombol on cpu

20. Ketika anda tekan tombol on cpu dan terjadi reaksi atau suara kipas bergerak, disertai nada tit...
berarti komputer anda telah selamat dan kembali berfungsi. dan ini dapat disimpulkan terjadi kerusakan pada PSU (power supply) bukan yang lain.

21. Namun sebaliknya ketika ditekan tombol on cpu tidak terjadi reaksi apapun dan layar monitor tetap gelap, ada 2 kemungkinan teradi yaitu pertama anda salah memasangnya atau ic power mainbord matot.

22. Jika itu terjadi silahkan hubungi infopintar.com via email di : infopintaronline@gmail.com dan ceritakan kronologisnya, klo bisa sertakan capture fotonya sehingga mudah untuk didiagnosa.

Note penting dari infopintar.com : Don't Panic!

Demikian informasi yang bisa infopintar.com berikan, semoga bemanfaat bagi semua orang terutama InpiHolic yang aktif mengikuti infomasi terkini dari www.infopintar.com
Mohon doanya, semoga infopintar.com dapat jauh lebih baik lagi dalam memberikan informasi.

Salam.

1 komentar so far

Terima kasih banyak atas informasinya!


EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan