Minggu, 15 Januari 2017

Penyebab Mobil Mogok, Kelistrikan Mobil Mati dan Cara Memperbaikinya

 

Kelistrikan mobil adalah faktor utama yang harus diperhatikan setiap service mobile atau TuneUP dibengkel, atau pada setiap saat kita melakukan kontak on dengan kunci mobil, dan pada saat membuka kap mobil.
karena dengan begitu kita bisa mengetahui sumber kelistrikan pada mobil kita apakah masih layak atau harus sudah di ganti. Banyak orang telah mengalami stress mendadak, ketika pada saat kunci mobil dikontakan posisi on, indikator-indikator seperti spedometer, bensin, aki dll tidak berfungsi alias mati, dan saat di Stater tidak ada reaksi apa-apa. dengan begitu rasa cemas akan ada di pikiran kita, terlebih lagi mungkin ada schedule yang harus segera berangkat atau pergi. pada kesempatan kali ini infopintar.com ingin memeberikan sedikit informasi, agar bisa membatu memperbaiki permasalahan tersebut.
hal yang harus kita cari tahu pertama adalah :
  1. Mengapa Mobil Mogok?  Penyebab kendaraan mobil mogok, ada terdiri dari berbagai faktor diantaranya :

    a. Arus listrik ke terminal plus koil turun

    Penyebab utama dan kerap terjadi pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas adalah tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik.
    Cara untuk mendeteksi masalah ini cukup gampang, yaitu periksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi mobil kemudian starter mobil. Bila terdapat percikan api, berarti arus listrik masih ada. Begitu pun sebaliknya.
    Bila tidak terdapat arus listrik maka periksalah sambungan kabel, untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan baik. Bila sambungan kabel ternyata tidak bermasalah berarti koil atau platina yang rusak atau kotor.

    b. Arus listrik aki lemah

    Arus listrik aki yang lemah bisa dikarenakan beberapa hal, yaitu karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator atau dynamo ampere yang aus, serta aki yang telah habis masa pakainya.
    Bila Anda menduga bahwa aki yang bermasalah, maka langkah pendeteksian pertama yang wajib Anda lakukan adalah memeriksa pemasangan kabel di terminal aki. Pastikan apakah kabel tersebut telah terpasang baik atau tidak.
    Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan. Sebelumnya, bersihkan dulu terminal tersebut dengan menggunakan kertas amplas atau (bila Anda membawa sikat gigi) sikat hingga bersih.
    Jangan lupa periksa air aki apakah volumenya cukup. Segera tambah jika kurang dari takaran.
    Namun, bila aki sudah aus karena masa pakai telah habis, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya.

    c. Alternator aus

    Peranti ini berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Oleh karena itu, bila alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.
    Beberapa masalah yang kerap terjadi di alternator adalah :

    d. Gulungan kawat tembaga putus

    Beberapa kerusakan yang kerap terjadi di perangkat ini antara lain, putusnya gulungan kawat tembaga. Meski hanya satu di antara beberapa gulungan, hal itu akan mengganggu arus listrik.

    e. Diode putus

    Biasanya terdapat enam diode di alternator. Meski hanya satu diode yang bermasalah, itu sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.

    f. Kabel berkarat

    Kabel pengisian listrik dari alternator ke aki sangat rentan berkarat. Maklum, letak alternator yang ada di bagian bawah dari mesin sangat rawan terkena kotoran dan air, akibatnya kabel menjadi getas atau korosi.
    Bila itu terjadi, maka aliran listrik ke aki tidak maksimal dan mobil pun berpotensi mogok.

    g. Karburator bermasalah

    Penyebab mobil mogok lainnya yang kerap dialami pengguna mobil adalah karburator yang bermasalah (bagi mobil yang masih menggunakan karburator). Pada umumnya, masalah yang terjadi adalah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit. Walhasil proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan.

    “Ada dua hal yang menyebabkan karburator tidak bisa menyemburkan bahan bakar secara optimal, yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau kotor,”
    Cara untuk mendeteksi masalah itu cukup gampang. Lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.

    h. Switcher starter aus

    Peranti itu memang terlihat sepele dan kerap tidak disadari oleh pengguna atau pemilik mobil. Padahal, kemungkinan terjadinya kerusakan pada peranti ini sangat besar. Maklum, switcher paling kerap digunakan yaitu di saat pengguna mobil mulai mengaktifkan atau mematikan mesin kendaraannya.
    Pada umumnya, kerusakan terjadi pada kabel yang renggang, logam kontaktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung. Bila Anda mengalaminya segera ganti.
    Namun bila Anda mengalaminya di tengah perjalanan yang sepi dan jauh dari keramaian, maka langkah darurat adalah menyambung kabel plus dan minus starter. Caranya gunakan peniti atau kawat kecil yang tajam, kemudian sambung kedua kabel dengan peniti atau kawat kecil tersebut.
    sumbser : http://www.tempo.co/read/news/2011/05/08/123332988/Ini-Cara-Mendeteksi-dan-Mengatasi-Mobil-Mogok

  2. Kelistrikan Mobil Mati ? Unsur sumber utamanya terletak pada AKI, kita lihat Indicator Aki yang teletas pada bagian TOP/Atas Aki, disana terlihat warna indicator aki yang memilki penjelasan tertentu, sebagai berikut :
          a. Berwarna Biru, Berarti Kondisi Aki Masih bagus dan baik
          b. Berwarna Putih, Berarti kekosongan Setrum atau Sangat kurang kualitas setrumnya
          c. Berwarna Merah, Berarti Aki sudah harus di ganti, rusak (pada beberaka socket didalamnya)
              Sebetulnya Aki yang kita miliki tersebut masih bisa diperbaiki walaupun rusak atau ber warna  merah sekalipun, namun infopintar.com menyarankan sebaiknya segera diganti, kaerna umumnya batas wajar pemakaian Aki 2th, klo sudah melebihi itu sebaiknya cepat-cepat beli serep barunya. tapi  disini infopintar.com akan memberikan tips bermanfaat agar Aki yang kita miliki masih layak digunakan dengan melakukan service kecil pada Aki tersebut, tetapi mungkin umur aki tersebut hanya bisa untuk 1-2 bulan saja (tergantung penggunaan), dikhawatirkan takutnya merepotkan lebih baik sudah dipersiapkan cadangannya.

Tips cara memperbaiki Aki ?
1. Jika kita awam terhadap listrik?, sebaiknya segera cari diwilayah sekitar tempat bisa setrum Aki, setelah ketemu minta di test dengan alat multitester, apakah aki tersebut kosong setrum atau ada sedikit setrumnya. jika tidak ada, minta di isi air Zuur / Aki Sir (larutan asam sulfat (H2SO4). Larutan ini mengandung elektrolit sehingga mampu mengikat setrum. tetapi apabila untuk di Aki Kering cukup teteskan 1cm saja di jarum suntik. setelah itu segera Setrum Aki tersebut dan tunggu sekitar 1 jam, setelah itu test kembali dengan multi tester, jika sudah cukup (walaupun indicator masih putih, biarkan saja), selanjutnya pasang kembali ke mobil, dan pastikan kutub negatif dan positifnya sesuai (tidak boleh salah), klo sudah pastikan semua player atau ac jangan difungsikan dahulu, karena kita harus melakukan starter mesin, ketika mendapat stater pastikan mobil di langsamkan gasnya dan jangan menyalakan apapun (termasuk lampu, jika malam), tunggu hingga sekitar 15 sampai 20 menit (karena proses ini dilakukan agar aki bisa di charge ulang dengan tenaga dinamo mesin), setelah itu lihat indikator pada Aki, karena seharusnya sudah berubah kembali menjadi berwarna Biru.
2. Jika tidak ada toko aki, setrum aki, sebaiknya segera mencari bantuan pada kendaraan yang melintas, dan pinjam akinya untuk proses stater saja (atau di numpang charging). atau jika tidak ada mobil yang mau menolong, segera minta orang sekitar untuk proses dorong, dan nanti sambil di stater mobilnya (karena proses dorong bisa menghidupkan mobil).


Tindakan Darurat :

Untuk system pengapian, lepas salah satu kabel busi dan dekatkan ke mesin. Hidupkan mesin dan perhatikan apakah ada loncatan bunga api dari kabel tegangan tinggi. Bila tak ada atau kecil sama sekali, berarti ada gangguan di system pengapian. Bila api yang dihasilkan cukup besar gangguan bukan berasal dari situ.

Untuk mengecek sampai tidaknya bahan bakar ke silinder bisa dilakukan beberapa cara. Pada mobil berkarburator, periksa aliran bensinnya dengan melepas slang bahan bakar menuju karburator. Atau dengan mengintip gelas atau mangkuk pada komponen pengabut bensin atau karburator itu untuk melihat jumlah bensin di dalamnya. Bila terisi berarti bensin masih mengalir dan kesampingkan sumbatan alirannya.

Pada mobil berinjeksi bahan bakar, selain memeriksa slang saluran bahan bakar menuju injector, cek bensin yang lewat nipel pada saluran bahan bakar.
Sumber : http://www.oto.co.id/infootomotif/tips_detail.asp?ContentID=OTO2307052000128-132248

Tips Mengatasi Mobil Mogok

Sebagai seorang yang mengemudikan mobil, pastinya Anda pernah merasakan salah satu kejadian paling tidak mengenakkan yang pernah dialami seorang pengemudi mobil yaitu mogok. Kejadian tersebut pastinya sangat menyebalkan, terutama bila Anda sedang diburu waktu untuk bisa segera sampai di suatu tempat.

Ditambah kenyataan bahwa Anda kurang paham mengenai seluk-beluk mesin, komplit sudah penderitaan.Untuk mengatasinya (terutama bagi Anda yang tidak mengerti mesin mobil), ada tips-tips singkat yang mungkin bisa dilaksanakan. Siapa tahu, dengan pengetahuan baru ini, kerusakan yang dialami mobil tidak parah dan masih bisa diakali supaya bisa jalan sampai ke bengkel terdekat. Lagipula, Anda tentunya tidak ingin mobil kesayangan (atau mungkin satu-satunya) ditaruh di sebuah tempat yang asing bukan? Berikut kiat-kiatnya:

1. Periksa power listrik di koil apakah tersambung atau tidak
2. Lihat distributor dan tempel ke bodi mobil, kemudian starter mobil mengecek ada power/percikan listrik atau tidak.
3. Bila tidak ada, periksa bagian platina apakah kotor/tidak.
4. Ulangi langkah kedua, kalau ada pengapian berarti mobil siap jalan.
5. Bila masih juga mogok coba cek bahan bakar. Ambil botol, masukkan selang bensin ke botol lalu starter mobil. Kalau bensin keluar, berarti bahan bakar masih berfungsi baik.
6. Bila tidak keluar, berarti pompa/saringan bensin kotor. Kalau sudah begini tidak bisa lain, telepon bengkel langganan supaya mobil Anda bisa diderek dan diperbaiki

Tips Menghadapi Over Heat

Saat asyik berkendaraan terkadang mobil sukar diajak kompromi. Terlebih jika masalahnya ternyata terletak pada mesin yang “over heat”. Dua dintara penyebab over heat yakni radiator bocor atau mungkin sistem pendingin mesin yang tidak bekerja optimal/ rusak. Untuk kendala kedua yang disebutkan ada satu tips yang dapat Anda lakukan. Minimal mobil Anda dapat bergerak hingga mencapai bengkel terdekat.

Tips :
1. Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
2. Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor mesin.
3. Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
4. Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac.

Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?

Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk itu, simak tips-tips berikut ini.Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.


Demikian yang bisa infopintar.com sampaikan untuk kesempatan kali ini, tunggu update terkininya dengan ikuti terus seputar beragam informasi yang kaya akan manfaat di www.infopintar.com

Atas segenap perhatiannya, infopintar.com ucapakan banyak terima kasih.


EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan