Rabu, 04 Januari 2017

Tahapan proses transaksi operasional perusahaan melalui system Qube

Pentingnya mengetahui suatu proses kerja dari suatu transaksi yang akan dilakukan karyawan dari departement tertentu, sehingga dapat menjadi suatu dasar dalam memberikan job description atau Standard Operating Procedure (SOP) disuatu perusahaan. Berdasarkan karena itu maka izinkanlah infopintar.com memberikan sedikit pengetahuan bagi siapa saja yang membutuhkan atau wawasan seputar proses kegiatan operasional perusahaan dengan menggunakan system back office Qube System.



Kepada seluruh InpiHolic
Di manapun berada
Semoga sehat selalu


Salam Hangat
Pada kesempatan kali ini infopintar.com mencoba memberikan sedikit pengetahuan dasar-dasar dalam melakukan proses transaksi kegiatan operasional perusahaan.
Seperti yang terjadi pada setiap perusahaan umumnya di tingkat yang masih berkembang, banyak terjadi fenomena-fenomena yg sering terjadi hampir di setiap rutinitasnya. kesalahan yang selalu diulang-ulang, tidak ada komunikasi dan kurang koordinasi. dari semua kesalahan itu hanya satu yang dirugikan yaitu perusahaan, perusahaan tidak bisa melangkah jauh pesat kedepan, karena selalu masih melakukan revisi-revisi di bawah. tekanan pun banyak dilakukan begitu pula dengan pemberian sanksi tegas mungkin bersifat peringatan bahkan sampai pemutusan hubungan kerja. oleh karena itujuga infopintar.com mengajak seluruh elemen-elemen perusahaan untuk berfikir sejenak dan mau membuka diri lebih jauh terhadap pentingnya kemajuan perusahaan untuk semuanya. berdasarkan itu semua, dapat diambil intisari bahwa penyebab utama adalah tidak adanya Aware atau kepedulian dari karyawan. karena arti peduli ini cukup luas, bukan peduli untuk ego pribadi, yang mengutakan besarnya pendapatan karyawan, fasilitas dan kenyamanan. karena itu memang suatu hal yang dibutuhkan oleh semua karyawan perusahaan. tapi peduli disini memiliki arti lebih jauh lagi yaitu antara lain :
  1. Peduli atas tanggung jawab 
  2. Peduli atas proses operasional
  3. Peduli atas keindahan dan kelancaran operasional
  4. Peduli atas kebersihan perusahaan, 
  5. Peduli atas pendapatan perusahaan
  6. Peduli atas pengeluaran atau cost perusahaan
  7. Peduli akan pentingnya asset asset perusahaan
  8. Peduli atas para pemimpin-pemimpin perusahan, terutama para pemilik perusahaan
  9. Dan banyak lagi kepedulian lainnya.
Oleh karena itu, setelah kita semua telah mengerti arti sesungguhnya kepedulian tersebut,  barulah kita mulai membuat langkah perencanaan yang matang untuk memberikan implementasi atau pemecahan masalah agar semakin lama semakin baik.
Dalam sebuah system perusahaan, diciptakan bertujuan mempermudah proses transaksi/aktivitas operational, sehingga output yang dihasilkan bisa cepat, efektif, efisien dan akurat. dan yang terpenting keamanannya terjamin. untuk itu manfaatkan kemudahan system tersebut, kenali system tersebut dan coba jalankan system tersebut.
Mungkin ada sebagian orang yang tidak mengerti langkah-langkah atau tahapan-tahapan dalam melakukan aktifitas system, dan mungkin juga tidak tahu tujuan yang dihasilkan dari aktifitas yang dilakukannya. ini adalah suatu bahaya yang sangat besar yang akan ditanggung perusahaan, ketika karyawannya tidak mengerti dan mengetahui apa yang dikerjakannya, terlebih lagi pemimpin perusahaan tidak bisa mengexplore jauh tentang emampuan atau performance dari karyawan-karyawannya tersebut.
Sebelumnya infopintar.com telah menerbitkan aturan cara kerja atau pakai modul system Qube, dan kesempatan kali ini infopintar.com akan memberikan bentuk Flow to be (Tahapan proses aktifitas operational). sehingga semua bisa melihat keterkaitan atau hubungan antar departement, sehingga dapat berintegrasi bersama-sama.
Dalam Flowtobe, terbagi atas 6 flow yaitu :
  1. Flow Keuangan
  2. Flow Logistik
  3. Flow pembelian (purchase)
  4. Flow pembukuan
  5. Flow penjualan (pos)
  6. Flow penjualan direct
Dari kesemuanya itu tentu tidak akan dibahwa satu persatu di sini, tapi infopintar.com akan memberikan link viewed dan download file pdfnya, sehingga bisa kapan saja dilihat dan dievaluasi.
Dampak yang akan dihasilkan ketika flow tersebut kurang atau tidak dijalankan, akan berakibat fatal, terutama dari sisi laporan keuangan, karena tidak dapat menghasilkan laporan P&L (Profit&Lost) dari periode tertentu. dan klo itu sampai terjadi bahaya buat semua jelas terlihat, perusahaan akan banyak memberikan tekanan, sanksi dan jumlah turnover karyawan yaang tinggi.

Untuk itu, persiapkan waktu, tempat dan atur jadwal meeting segera, baik meeting internal departement dan meeting general. sehingga bisa dibuat keputusan secara cepat dan langkah-langkah kedepan bisa terlihat jelas. Silahkan klik link berikut ini untuk memulainya.

 Demikian informasi yang bisa infopintar.com berikan, semoga bemanfaat bagi semua orang terutama InpiHolic yang aktif mengikuti infomasi terkini dari www.infopintar.com
Mohon doanya, semoga infopintar.com dapat jauh lebih baik lagi dalam memberikan informasi.

Salam.



EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan