Selasa, 08 Agustus 2017

Daftar Supllier Kebutuhan Cafe dan Restourant


Kebutuhan akan database para supplier bagi bisnis F&B sangat penting karena dengan begitu pemenuhan terkait persedian stock bahan material bisa maksimal, serta dari sudut pandang accounting finance bisa lebih terlihat efektivitas dan produktifitas dari masing-masing supplier, tentunya akan menimbulkan dampak positif dari nilai procurement atau pembelanjaan yang mendapatkan harga yang lebih murah atau kompetitif dan yang lebih penting lagi terutama kesepakatan masa waktu atau tempo pembayaran yang bisa lebih lama, sehingga perputaran keuangan dalam proses penjualan bisa lebih maksimal. tentunya tidak ada yang dirugikan baik pihak perusahaan ataupun pihak supplier dalam hal kaitannya dengan kebijakan waktu pembayaran atau tagihan.
Di wilayah Jabodetabek banyak tersebar bisnis kuliner baik skala kecil, menengah maupun besar, dan dalam trend kuliner dimasyarakat sendiri sangat cepat, bila dilihat dari beragamnya product-product kuliner yang ditawarkan serta product yang inovatif. keterbatasan pasokan bahan material kuliner atau langkanya pada product-product tertentu yang membuat para pembisnis kuliner harus dapat menemukan dan merangkul serta menjaga kerjasama yang baik dengan pihak supplier, karena dengan begitu tingkat kelangkaan bahan material akan bisa diminimalisir dengan baik. bisa kita ambil contoh yaitu daging untuk menu steak, Paprika untuk Pasta, Salmon untuk menu ikan, Greentea powder untuk minuman dan masih banyak lagi. dari contoh tersebut hanya supplier-suppler tertentu yang memang memiliki kewenangan atas product import, bayangkan ketika pasokan import dibatasi dan semakin tingginya permintaan maka tidak jarang ditemukan kekosongan product tersebut pada cafe atau restourant yang menawarkan menu tersebut. ini yang sangat dikhawatirkan bagi para pembisnis kuliner apalagi dengan konsep western food (atau makanan barat) yang tidak bisa melakukan improvisasi dan inovasi terhadap ingredian receipe (bahan resep) dari menu tersebut, tentunya faktor kualitas product menjadi sangat diprioritaskan guna menjaga nilai dari sales.
Memang sudah sepatutnya harus dijalankan bagi setiap pemilik perusahaan kuliner, agar memberikan waktu kesempatan bagi pihak terkait seperti Product development (Chief), Accounting, Purchasing, Logistik,dan terpenting sales marketing agar lebih sering dan aktif melakukan meeting general terkait product menu yang di jual, sehingga masing masing departement bisa memberikan kontribusi dan solusi terkait kendala yang dialami. ini harus mutlak dan dilakukan secara capat dan tepat, sehingga sales tetap bisa di tingkatkan dan dimaksimalakan meskipun terjadi atau menghadapi ragam persoalan.
Kita coba melihat sedikit ke salah satu contoh cafe atau Restourant di wilayah jakarta selatan, karena menurut informasi di media sosial jakarta selatan banyak menawarkan ragam wisata kuliner dan hiburan. di salah satu mall besar seperti Pondok indah mall, cilandak town squere pasti kita bisa menemukan begitu banyaknya cafe atau restaourant disana, tapi hampir rata-rata pada umumnya bergantung pada bahan baku material dari product import, bisa dibayangkan lagi apabila cafe atau restourant tersebut memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh wilayah nusantara, pastinya akan menimbulkan dampak fantastis dari angka atau nilai import bahan baku material tersebut, hal ini juga tidak lepas dari peran penting pemerintah terkait kebijakan nilai import bahan material tersebut.
Ada satu contoh kecil yang seharusnya tidak perlu terjadi, tapi terjadi di indonesia di tahun 2017, yaitu kelangkaan pasokan garam, baik garam rumah tangga, industri kecil dan menegah. dimana produksi lokal sudah tidak bisa memenuhi tingginya permintaan pasar, dan kuota import terbentur dengan minimnya batas nilai import tersebut, sehingga ini yang dikhawatikan oleh semua pihak akan terjadi permainan, penggelapan, penimbunan terkait bahan material tersebut. pastinya bagi bisnis kuliner menengah ke atas tidak perlu khawatir bagi yang sudah mendapatkan dan bekerjasama sengan baik oleh pihak supplier tertentu, karena kestabilan stock atau pasokan akan menjadi prioritas utama. namun bagi pembisinis kuliner golongan menengah kebawah, ini bisa menjadi bahaya karena mau atau tidak mau harga jual harus dinaikan atau bahkan tutup operasional karena tidak adanya bahan baku tersebut. dan pastinya ini membuat semua menjadi korban.
infopintar.com mau memberikan sedikit edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat baik yang sudah mulai melakukan kegiatan usaha kuliner atau yang baru akan memulainya, antara lain :
a. Harus bisa menjalin kerjasama yang baik kepada supplier atau pemasok
b. Sering melakukan komunikasi dua arah, dan semaksimal mungkin dilibatkan para petinggi-petinggi perusahaan, sehingga implementasi akan solusi bisa cepat dilakukan.
c. Memanage keuangan perusahaan secara bijak, sehingga prioritas utama adalah pembayaran tagihan harus sesuai dengan komitment bersama.
d. Melakukan manage yang baik terhadap stock barang, karena bisa diukur berdasarkan kemampuan sales atau permintaan serta kapasitas produksi dan penyimpanan.
e. Harus bisa tidak tergantung pada bahan atau product tertentu dari menu yang dijual, dan harus bisa improvisasi dan berinovasi dari menu tersebut.
f. Dimaksimalkan menggunakan bahan baku yang mudah ditemukan di wilayah sekitar, sehingga ketergantungan pada supplier tertentu bisa diminamalkan.
g. Jangan pernah melihat dan menguikuti kemampuan para pembisnis kuliner lain, tetapi tunjukan yang terbaik apa saja yang bisa dilakukan sesuai dengan Visi dan Misi yang ada.

Kita kenali dulu point-point dari supplier, penyedia atau pemasok yang umumnya beredar dimasyarakat anatara lain :
#DISTRIBUTOR
Pengertian Distributor adalah orang atau perusahaan yang melakukan kegiatan bisnis dengan membeli produk langsung dari produsen dan menjualnya kembali ke retail/toko bisa juga langsung ke user. Jadi distributor ini hanya mengambil produk yang telah jadi saja dari dari produsen tanpa memodifikasinya dan langsung menjualnya dengan menawarkan ke toko.
Untuk nilai keuntungan, biasanya distributor sudah mendapatkan potongan harga pembelian saat mengambil produk ke produsen. Jika produk yang diambil jumlah banyak, maka biasanya diskon akan semakin besar. Dan distributor bisa menjualnya dengan harga pasar atau harga lebih rendah lagi karena nanti ditawarkan ke retail/toko.
Salah satu contoh adalah distributor produk Susu UHT. Di Indonesia ada banyak distributor susu uht dari berbagai merek dagang, dan nantinya mereka jual ke toko/retail.
#SUPLIER
Suplier ini hampir sama dengan distributor, tapi bedanya barang yang dijual biasanya untuk kegiatan usaha. Misalnya saja suplier daging import untuk dipasok ke pabrik atau produsen dan lainnya. Suplier ini sifatnya berlanjut dan biasanya barangnya berupa barang mentah.
Tapi dalam kasus nyata, ada juga suplier yang memasok barang ke distributor. Pernah dengar kan kalau distributor mendapatkan barang dari suplier?
#AGEN
Agen ini adalah seseorang/perusahaan yang menjual produk dari distributor ke retail/konsumen. Biasanya keberadaan agen dibentuk langsung oleh distributor yang tujuan untuk mendekatkan ke konsumen. Tapi ada juga agen yang dibentuk langsung oleh pemilik usaha kecil menengah.
Masalah keuntungannya didapatkan dari selisih harga jual atau bisa juga melalui komisi penjualan.
#RESELLER
Reseller ini juga hampir sama dengan agen. Dari namanya saja sudah jelas, RE-SELL = menjual kembali. Artinya memang orang ini tidak membuat produk, tapi mengambil produk dari agen atau penjual lain langsung ke konsumen.
Untuk pendapatannya biasanya reseller memberikan harga yang lebih tinggi dari harga belinya, dan selisihnya ada keuntungan yang didapatkan.
#DROPSHIPPER
Dropshipper ini sama seperti reseller, tapi bedanya dropshipper ini tidak harus memiliki produk yang dijual. Dropshipper hanya menawarkan produk ke konsumen melalui katalog, jika ada pesanan baru disampaikan ke pemilik produk lalu pemilik produk mengirimkan ke konsumen dengan atas nama dropshipper.

Setelah kita memahami prihal tersebut maka dengan ini infopintar.com akan memberikan beberapa list daftar supplier, distributor, agen, toko yang umumnya digunakan buat para pembisinis kuliner di wilayah Jabodetabek, sbb :

<![if supportMisalignedColumns]> <![endif]>
Nama Supplier Contact Person Alamat 1 Telp Fax Handphone
AGRO BOGA UTAMA. PT   JL. RC VETERAN ( HJ. SOPIAH ) NO. 9B. BINTARO 021-73884182    
AIRA BUANA. CV   JL.RAYA VETERAN BINTARO (021) 609 14 730    
AMINDO. UD JEFRI JL. MUARA KARANG 225 NO.37 021-70908828/56946230    
ANAK MAS INDAH. PT YANTI JL. DAAN MOGOT KM 12.8 KAV.VII NO.3 021 - 5437 3588 021 - 5437 3589  
ANEKA JAYA PLASTIK   JL. SETIA NO.29 TANGERANG 5530973    
ANEKA RASA CITRA SEJATI. PT IBU NITA KOMPLEK DAAN MOGOT PRIMA KAV. B-6 JL DAAN MOGOT 021-54374516,54374518 021-54374517 54375006
ANTA TIRTA KIRANA. PT PAK. ROMMY/ IBU MELA GREEN GARDEN BLOK Z4 NO.26 021- 581 4017 021- 581 4018  
ANUGERAH KARYA UTAMA IBU.SRI JL.RAWA SELATAN V/5 021- 420 8560 021- 420 5860  
AROMADUTA RASAPRIMA. PT SURYADI RUKO THE PROMINENCE BLOK 38F NO.10 021-3044 8393 0878 8731 5635  
AUSTASIA FOOD. PT ARDIANSAH HAN JL. DAAN MOGOT KM 12 NO. 9 CENGKARENG TIMUR 021 - 25617181    
BAHANA GENTA VICTORY BONY JL.KH.HASYIM ASHARI NO.1D JAKARTA 10130 021-63864045    
BERKAH JAYA SAKTI   JL.CIRIUNG NO 31 CIBINONG 021 - 92375833    
BERKAH JAYA SAKTI. PT   JL. ALTERNATIF CIBUBUR NO.03 - JAKARTA TIMUR 021- 923 75 833    
BERUGA JAYA SENTOSA. PT HENNY JL. OTISTA III NO. 14 021-8516508/082125150098    
BINA PLASPAC INDONESIA, PT   KAMPUNG CIKEDOKAN, DESA SUKADANAU-CIBITUNG BEKASI 89108850 89108851  
BINTANG GRAHA MAKMUR (BGM). PT BPK.BAMBANG IRAWAN GEDUNG ARTHA GRAHA LT.20 SCBD - SUDIRMAN, 021- 5151518/021-5151508 081387727369  
BINTANG PRINT   Jl. Indra loka raya no.17 29A Kav Polri Jelambar 02156981272    
BURSA SELARAS BERSAMA, CV     021-5819167 02158302516  
CAHAYA INTI PUTRA SEJAHTERA. PT BPK ADI BIZPARK 2 PENGGILINGAN BLOK A NO. 2 021 - 29573925    
CASH PAYMENT          
CIPTA PANGAN SUKSES MAKMUR, PT Mohammad Ilham Komplek sentra latumenten blok AA3 -AA6 0215664633 0215664634 081297754618
COCA COLA CAB. JAKARTA SELATAN. PT TOTO JL.WARUNG BUNCIT RAYA 21-D3 021-798 9992    
CONVERPAK INDONESIA. PT KIKY/SUGANDA THE BOUTIQUE OFFICE PARK 021-65702985    
DAIRY FOOD INTERNUSA. PT PAK. NOVEL   021- 663 1526 021- 662 6718  
DAVID ROY INDONESIA. PT   JL. PANGLIMA POLIM RAYA NO. 100 021 7399221 EXT. 102 085313970/ 081370165905  
DE PURPLE GROUP          
DELIKATESSA HARDIAN JL. PANCASILA V RT. 04 RW. 13 021-867 2949 021-867 3422  
DELISARI NUSANTARA. PT   KOMPLEKS PURI MUTIARA BLOK A NO. 25-25 021 65310333    
DETPAK, PT Pak Juju Perkantoran Hijau Arkadia, Tower C, 10th Floor +6221 - 7884 3677 (Hunting) +6221 - 7884 3679  
DHARMAWAN GROUP IBU FINCA   0816839303 0816839303  
DIVA TAMA INTIPERINTIS INDOPAPER. PT   JL.GAJAH TUNGGAL TANGERANG 021- 593 16 576    
DUA MITRA. CV KO HENDRY   021- 930 55382 021- 541 9323  
EKA GUNA UTAMA DANI/DIKI JL. CEMPAKA PUTIH TENGAH 20D NO. 13 021-4240462 021-4250579  
EQUILINDO ASRI. PT   RUKAN EXCLUSIVE BLOK C 18 5694 5901 9372 4535  
FAJAR JAYA MAKMUR BPK YAYAT GRIYA MM 12 JL OTISTA RAYA KAV 4 021 - 7427769 021 - 7427769  
FRESHPACK SUGIARTO JL. TAMAN RATU INDAH BLOK EE6 NO.29 021-23771818 021-6402888  
GEMILANG KARYA BERSAMA. CV BPK. MAMAN JL. PONDOK BARU VII NO. 1 021- 8700 208    
GIOVINDO JAYA MAKMUR BPK SAKFO/IBU ENI/IBU WATI TANJUNG DUREN 0811 1508 118 021-5694 0534  
GREEN MOUNTAIN MR. TONY JL. ANDIKA 1 / D2 021 - 580 43 91 0817 125 111  
GUNA LAYAN KUASA. PT BAPAK AHLAN   021-58303245    
HAPPY MISTAKE   JL. Purnawarman no. 48 Bandung     0812220666999
HARSA DUTA MANDIRI. PT LEONARDO JL.KELAPA DUA RAYA NO.6 021- 536 76490 021- 536 76491  
IMANUEL AGUNG PERKASA. PT IBU NOVI JL. KEBAYORAN LAMA NO. 16 A 021 - 536 540 86 021 - 536 540 86  
INDOGUNA UTAMA. PT SIGIT JL. TARUNA NO. 8 021-8610550 021-8610545/2  
INTECO CUSTOM FURNITURE          
JAYA FERMEX, PT   Komp. Puri mutiara 02165310808 02165310811  
JAYA MAKMUR BUDIONO DURI KEPA MAS BLOK TT NO.479 02168101535 0215370072 085772222854
JAYA MANDIRI. PD   PEJAGALAN RAYA NO.10 PEKOJAN JAKARTA BARAT 021 6900953 021 6903523 6900887
JAYASEGAR BERKAT MANDIRI. PT DIANA JL. SUNTER PARADISE 2 BLOK. A5 NO.62 021 - 64703396    
KARUNIA SUKSES GEMILANG. PT NATALI/ WILLY JL. JEMBATAN DUA RAYA NO. 6 021-6604068 021-6618943  
KHARISMA MULTI USAHA. PT WATI JL. DANAU AGUNG II BLOK E3/2A NO. 18 021-6583 3931 - 32 021-645 9118  
KHARISMA SUKSES GEMILANG   TAMAN TEKNO BSD SEKTOR IX H-3 NO. 31 55198778    
MAJU JAYA DISTRIBUTOR          
MAKRO INDONESIA. PT   JL. LINGKAR LUAR SELATAN KAV.5-6 021-585 7101    
MANDIRI PACK   JL. PADEMANGAN 2 Gg. 9 NO.130 64712739    
MULIA RAYA ADZIS / ONAY SUNARDI JL.KAPUK POGLAR NO.8 JAKARTA BARAT 11710 021-5455835 021-54367565  
MULTI PRIMA MANDIRI SUKSES. PT FIFI JL. HIDUP BARU BLOK D NO.6 021-641 5351/52    
MULYA JAPINDO HERRY JL SUNGAI BAMBU NO. 18 TANJUNG PRIOK JAKARTA 087780963134 087780963134  
NADASA SISKA   021-3905541    
NIRWANA LESTARI. PT IBU JUNI/ BP. HAMDAN JL. RAYA NAROGONG KM 7 BEKASI 021-820 4054 021-8243 4187  
NUTRI PRIMA SEJAHTERA. PT BASUKI RUKAN PURI TIRTA BLOK L6 - 88 G 021-5835 6186 021- 5830 2480  
OFFICE ONE BPK. ANDRI WIBOWO JAKARTA 021- 601 0157 081316309500/021 93312522  
OMETRACO ARYA SAMANTHA   JLN.DAAN MOGOT KM.12 NO.09 RT.001. RW.013 JAKARTA 0216196166    
PANDURASA KHARISMA IFAN JL.INDO KARYA II BLOK G NO.45 SUNTER AGUNG PODOMOR 021-6505335    
PANGAN LESTARI. PT BPK. HENDRY/ IBU DESY KOMPLEK NEWTON TECHNO PARK 021- 8990 6002 021- 8990 6618  
PARTER ABADI   JAKARTA 085772126456 085772126456  
PASTRINDO UTAMA. PT HERI JL. PEJUANGAN NO. 21 021-5303390    
PCL POS & SECURITY          
PRAMBANAN KENCANA. PT YULI, LINA JL. KAJI NO. 11A 021 - 633 2127 021 - 631 0760  
PRIMA MANDIRI. PT EKO JL. PADEMANGAN 1 GG. 2 NO. 11A/14. JAKARTA UTARA 021-93093456    
PRITAMA PRIMA LESTARI. PT BPK. WIN PERGUDANGAN TAMAN TEKNO BLOCK J1 NO.12&15 021- 7588 0204    
PURATOS INDONESIA. PT   PERKANTORAN KOTA GROGOL PERMAI BLOK F. NO.7-8 021-5678113/4 021-565 1537  
RATNA SANTOSO RATNA SANTOSO PERMATA BUANA 0811993088 0811993088  
SAMA SEJAHTERA. PT     021-97277838 021-6625412 / 29405525  
SARANA KULINA INTI SEJAHTER. PT BEKTI / ERNA JL.TARUNA NO.56 PONDOK BAMBU JAKARTA TIMUR 021-86601081    
SARI SEGAR. PD KENDY PETOJO PIJ 6 NO. 29 021 838237 - 38    
SENTOSA DAYA PERKASA BPK RUDI KOMPLEK TELUK INDAH BLOK T NO 6 JAKARTA UTARA 021 66692825 081218128899  
SIGMA TELEDATA SUPPLIES. PD PAULUS KEDOYA ELOK PLAZA DA-18 021-5806 882/3 0816 114 2949  
SINAR TERANG UTAMA. PT   DELTA HARMONI BUILDING 021 - 8610550 / 8626642    
SOEJASCH BALI. PT BP. SAUR JL. NANGKA NO.33 021-7587 0899    
STRAWBERINDO IBU ROSI   021-7815931 08176089073  
SUKANDA DJAYA ( CAB. CIBITUNG ). PT ARIES TATAN MM 2100 INDUSTRIAL TOWN 021-898 1246/28649190 021- 8998 2345/28649885/8  
SUKANDA DJAYA. PT MULKY JL.PASIR PUTIH RAYA KAV.1 ANCOL TIMUR JAKARTA 021-99177418 021-6450678  
SUMBER MUTIARA SENTOSA. PT ANDREY KWAN JL. PERUM GREEN GARDEN BLOK I 3 NO 23 021-92941272 085695035916  
SUMBER PANGAN SEJAHTERA. PT BPK. SUGIANTO TAMAN PALEM LESTARI 021- 559 57558 / 556 1775 021- 556 0354  
SUMBER PANGAN. PT   JL JEMBATAN 5 021 - 97772992    
SUPARMA, Tbk. PT PAK. GDE / PAK. JAENAL JL. SULUNG SEKOLAHAN 6 NO. 021 - 660 1711 / 660 1788    
TEKNO ADVAN ABADI. PT BPK RIO FERNANDO TAMAN TEKNO BSD SEKTOR XI J3 NO 47 SETU TANGERANG 021 30448393    
TEKO MADU. PT BPK. SILIS/BPK RUDI JAKARTA 021- 5694 4956 08151862683  
TIGA DARA PRATAMA. PT   JL. SEKOLAH DUTA V NO 19 PONDOK INDAH JAKARTA SELA 021-29325688    
TIRTA INVESTAMA. PT SHANTI JL.PULO LENTUT NO.3 KAWASAN INDUSTRI PULO GADUNG 021-4759609    
TOKO JAYA BARU          
TRITAMA PRIMA LESTAR. PT LIYANTI PERGUDANGAN TAMAN TEKNO BSD BLOK J1 NO.12-15 SERPO 085692458351 085692458351  
TUNGGAL JAYA. PT PAK ADE   021-43922412 021- 4360664  
UMAR. PD CI LIANA JAKARTA 021- 3141 543 021- 3144 047  
UNGGAS PRAKARSA, PT   JL. Kalibaru Timur VII RT 003/01 no 4A Cilincing 44836465 44836582  
UNIRAMA DUTA NIAGA. PT YANSYAH JL RAYA PARUNG CIPUTAT KM. 10 CINANGKA WATES 021 - 74702618 - 19    
VANDA. PD BU SUSAN JL. JELAMBAR MADYA BARAT IX NO.8 BLOK A.15 NO.356 021- 565 9315/17 0816982988  
VENTURA.. CV BPK YAHYA JLN KEBON JERUK 13 NO. 17 B RT. 009/05 021 - 6242136    
VIRTUS VENTURAMA, PT   JL. WANA MULYA UTAMA NO.6 KARAN TENGAH 22260981    
VOLENSA INDONESIA. PT IBU ENNA JL.MASJID AN-ANWAR 021- 5365 2020 021- 532 2564  
WISTARA. PT   JL. SONGSI III NO.38, PEKAPURAN II 021-6328336 021-6317035  
YULIANA FRESH JUICE. PT RIANA MITRA SUNTER BOULEVARD BLOK E1/10 JAKARTA 021-650 4565    
YUMMI FOOD UTAMA. PT BP. ANWAR / SOFYAN JL. RAYA BOGOR KM. 22 NO.40 021-841 3826 021-841 3827  
ZEELANDIA INDONESIA. PT BAMBANG WARWANTO JL. RAYA MOH. TOHA KM. 21 021- 5577 1553 021- 5577 1555, 56  

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon

Artikel Pilihan